Penyebab Blog Tidak Terindex di Serps Google

Penyebab Blog Tidak Terindex di Serps Google - sering menjadi keluhan oleh blogger pemula. Memang kadang-kadang kita jengkel jika blog yang baru kita kreasikan tidak pernah terindex di mesin pencarian google.

Penyebab Blog Tidak Terindex di Serps Google

Itu yang sering muncul dalam benak saya ketika baru mulai terjun dalam dunia blogger, dan saya yakin bahwa anda pun pernah mengalami kejadian itu. Namun, sebenarnya itu hanya kekeliruan kita saja dalam mengelola blog atau website kita, dan itu tidak pernah kita sadari secara terang-terangan.

Sekarang ini, ada begitu banyak orang yang mencari nafkah di dunia internet dengan cara ngeblogger, memanfaatkan hal ini maka bisnis pun semakin marak untuk memudahkan manusia mencari keuntungan dan nafkah untuk keberlangsungan kehidupannya. 

Blog adalah salah satu sarana itu, dan sekarang sudah banyak yang menjadikannya sebagai tokoh khusus atau biasa di sebut dengan tokoh online. Namun, kadang-kadang nafsu untuk membuat tokoh kita tersebut populer, kita terlalu berambisi untuk membuat cepat blog atau website kita tersebut untuk terindex di mesin pencarian google. hehe. Kan ingin cepat laku. wkwkkw. Jangan berpikiran begitu ya ?

Memulai karier di blog memang sangat sulit, belajar mengenai SEO pun harus secara perlahan kita buka agar bisa mendapatkan apa yang menjadi tujuan kita nge-blog tersebut. Banyak blogger pemula berpikir bahwa kita hanya menulis dan menunggu google merayapi artikel kita secara otomatis ? ini tanda tanya besar ya! Jika anda berpikir demikian, maka anda sebenarnya sudah keliru dalam memulai bisnis anda. Proses perayapan google, tidak terjadi secara otomatis begitu saja, perlu tindakan agar bisa membuat post kita tersebut terindex dengan baik di mesin pencarian google itu sendiri.

Nah, berikut ini Penyebab Blog Tidak Terindex di Serps Google :

Tidak Mendaftarkan Blog di Webmaster Tool / Search Console

Webmaster tool atau search console merupakan langkah pertama yang harus di ambil apabila web atau blog kita tidak terindex di mesin pencarian google. Webmaster Tools atau Search Console adalah platform yang disediakan oleh mesin pencari seperti Google untuk membantu pemilik situs web dan pengembang mengawasi dan memahami kinerja situs mereka dalam hasil pencarian. Saat ini, Google Search Console adalah salah satu Search Console yang paling populer. Di search console ini kita dapat mengatur :

  1. Pemantauan Kinerja Blog
  2. Pemahaman Kata kunci
  3. Pengindeksan seperti setting sitemap dan submit url blog
  4. Laporan Performa blog di search engine

Tidak mengatur Robots txt pada blogger

Mengatur format robot txt merupakan keharusan yang wajib anda lakukan, apalagi jika anda menggunkan platform blogger atau blogspot, tentu robot txt ini sangat berpengaruh pada index blog anda. Kalau make wp sih, enjoy ae, karena udah di setting otomatis. hehe

Blog tidak ada deskpripsi atau keywords

Jika kamu membuat blog dan tidak membuat deskpripsi penelusuran pada blog kamu, maka hal itu tentu sangat sulit untuk di Index oleh google. Meta deskripsi dan keywords sangatlah penting, karena ini akan membuat blog anda memiliki kata kunci untuk serps. Untuk memastikan itu, jika anda menggunakan blogspot atau blogger, anda bisa mengaturnya di pengaturan blog. Dan juga setiap kali kamu menulis artikel, jangan lupa untuk mengatur meta deskripsi pada postingan kamu tersebut.

Kesalahan dalam Penggunaan Tag Meta Robots

Penggunaan tag meta robots yang tidak benar, seperti "noindex", dapat menyebabkan Google mengabaikan halaman tersebut selama proses indeksing. Oleh karen itu, sangat disarankan untuk kamu meninjau tag meta robots pada setiap halaman dan pastikan tidak ada tag "noindex" yang tidak disengaja dan gunakan tag meta robots sesuai dengan kebutuhan halaman.

Konten tidak berkualitas

Salah satu faktor penyeba blog tidak terindex di serps google adalah konten yang tidak berkualitas. Blog yang biasanya asal nulis tanpa tujuan biasanya akan mendapatkan masalah ini. Blog yang kurang memiliki konten berkualitas biasanya sulit diindeks oleh Google. Konten yang informatif, relevan, dan unik menjadi kunci untuk menarik perhatian mesin pencari. Oleh karena itu, tinjau ulang konten Anda dan pastikan setiap artikel memberikan nilai tambah bagi pembaca. Tambahkan informasi yang relevan dan terkini untuk meningkatkan kualitas konten.

Kecepatan Halaman yang Buruk

Faktor lainnya adalah kecepatan halaman yang sangat buruk. Kecepatan halaman yang lambat dapat memengaruhi pengalaman pengguna dan juga dapat mempengaruhi peringkat di mesin pencari. Karena itu, sangat disarankan untuk kamu menggunakan alat seperti Google PageSpeed Insights untuk mengevaluasi dan meningkatkan kecepatan halaman. Ingat, saat memposting gambar di postingan blog kompres gambar dan optimalkan kode situs untuk mempercepat waktu pemuatan.

Itulah beberapa Penyebab Blog Tidak Terindex di Serps Google. Jika anda belum menemukan solusinya, Butuh Jasa Seo ? Gas. Demikian dan semoga bermanfaat. Wassalam..

Posting Komentar untuk "Penyebab Blog Tidak Terindex di Serps Google"