Apa itu seo dan bagaimana cara kerjanya ?

Percaya.web.id - Apa itu seo dan bagaimana cara kerjanya ? pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang banyak dilontarkan oleh blogger yang baru mengenal seo itu sendiri. Tentu bukan hal yang mudah untuk menjawab hal tersebut, apalagi kalau menjelaskan secara rinci mengenai SEO dan cara kerjanya. Oleh karena itu, pada postingan kali ini saya akan mencoba memberikan penjelasan yang sedetail mungkin agar pembaca bisa memahamai Apa itu seo dan bagaimana cara kerjanya ?

Apa itu seo dan bagaimana cara kerjanya ?

Apa itu seo ?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang pengertian umumnya adalah membuat website menempati posisi terbaik di search engine seperti google, yahoo, bing dan lain-lain dengan keywords yang sudah ditargetkan oleh website tersebut. Atau lebih simpel lagi tentang pengertian SEO adalah optimasi keywords website atau blogger di mesin pencari.

SEO serangkaian praktik dan teknik yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat sebuah situs web di halaman hasil mesin pencari (SERP). Tujuan utama SEO adalah membuat situs web lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo, sehingga dapat menarik lebih banyak pengunjung.

Praktik SEO melibatkan berbagai aspek, termasuk optimasi konten, struktur situs web, penggunaan kata kunci yang relevan, pembangunan tautan (link building), dan faktor-faktor teknis lainnya. Dengan mengoptimalkan situs web sesuai dengan panduan mesin pencari, pemilik situs berharap dapat meningkatkan peringkat mereka di hasil pencarian, yang pada gilirannya dapat membawa lebih banyak lalu lintas organik dan pengunjung yang berpotensi menjadi pelanggan atau pembaca.

Seo adalah bidang yang terus berkembang hingga sekarang ini masih tetap populer sebagai sarana untuk memperkenalkan produk website kepada pengunjung. Dengan adanya SEO ini tentu sangat mendukung bagi para pelakon bisnis online untuk meningkatkan traffic website mereka.

Dengan menerapkan praktik SEO yang efektif, situs web dapat meningkatkan peluangnya untuk mendapatkan trafik organik, meningkatkan kredibilitas, dan mencapai tujuan bisnis atau pribadi yang diinginkan. SEO merupakan bagian penting dari strategi pemasaran digital dan membantu pemilik situs web untuk bersaing secara online.

Cara kerja seo

Cara kerja SEO melibatkan berbagai faktor dan strategi untuk meningkatkan peringkat suatu situs web di hasil pencarian mesin pencari. Cara kerja seo meliputi Penelitian kata kunci, optimasi konten, struktur situs web, pengoptimalan gambar media, backlink building, optimasi kecepatan blog, Mobile Friendly, Analisis data, seo on page dan seo off page. Untuk lebih rinci saya akan memparkannya dibawah ini :

  1. Penelitian kata kunci : Identifikasi kata kunci yang relevan dengan kontn atau produk yang di tawarkan oleh situs web. Anda bisa menggunakan alat penelitian kata kunci atau melakukan riset keywords dengan menggunakan beberapa tools yang sering digunakan oleh pakar seo, seperti afhres dll. Gunaan alat penelitian kata kunci untuk menentukan seberapa banyak orang mencari kata kunci tersebut dan seberapa tinggi persaingannya.
  2. Optimasi konten : Mengoptimasi konten tentu anda diwajinkan untuk membuat konten yang berkualitas tinggi dan relevan dengan kata kunci yang anda targetkan. Kemudian gunakan kata kunci secara alami dalam judul, deskripsi, paragraf dan tag html seperti H1, H2, dan meta tag.  Untuk lebih detailnya anda bisa belajar mengenai seo on page dan seo off page.
  3. Struktur Situs web : Pastikan struktur web atau blog mudah dipahami oleh mesin pencari dan pengguna, gunakan struktur url yang bersi dan deskriptif. Lebih spesifiknya gunakan sitemap, robot txt untuk membantu mesin pencari mengindeks halaman situs dengan efisien.
  4. Mengoptimalkan gambar media : Mengoptimasi gambar yang dimaksud adalah saat anda mengupload gambar ke website anda, sangat direkomendasikan untuk anda memberi nama file gambar tersebut dengan baik, dan disarankan juga untuk menggunakan atribut alt untuk memberikan deskripsi pada gambar tersebut. Kemudian anda harus mengkompres gambar agar ukuran file tidak terlalu besar sehingga dapat mempercepat loading pada halaman website anda.
  5. Backlink building : Backlink merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam mengoptimasi website agar dapat menempati posisi yang strategis di mesin pencari. Anda bisa mencari dan mendaptkan backlink dengan kualitas yang baik jika anda pandai menganilisis backlink tersebut.
  6. Mobile Friendly : Mobile friendly yang di maksud adalah anda bisa memastikan website anda dapat di akses dengan baik melalui perangkat mobile. Rekomendasi terbaik untuk saat adalah menggunakan AMP.
  7. Analysis data : Gunakan alat analisis web seperti google analytics untuk memonitoring kinerja situs web. Darisini anda bisa mempelajari perilaku pengguna, sumber traffic, dan perubahan peringkat pada blog atau website anda.
Cara kerja seo adalah usaha berkelanjutan yang memerlukan pemantauan dan penyesuaian terus menerus agar dapat mengikuti perubahan alogaritma google yang sewaktu-waktu berubah. Sehingga dengan demikian anda di tuntut untuk tetap mengikuti perkembangan alogaritma google setiap harinya.

Kesimpulan

Dari pemaparan di atas tentang Apa itu seo dan bagaimana cara kerjanya ? sudah dapat kita simpulkan bahwa SEO adalah teknik atau cara untuk mengoptimasi konten website di mesin pencarian google. Teknik tersebut tentunya cukup banyak, dan anda harus belajar secara otodidak atau menggunakan jasa seo agar tujuan anda bisa lebih cepat untuk tercapai.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa itu seo dan bagaimana cara kerjanya ?"